Latest News

Sunday, October 23, 2016

Gulungan Laut Mati: Pentingnya bagi Kekristenan (Tulisan Keempat)


Kenapa sih Gulungan ini begitu banyak dibicarakan orang? Apa sih pentingnya kalau isinya sama saja dengan teks kitab suci yang kita miliki? Kalaupun toh ada yang non biblikal, isinya tidak lengkap sehingga tidak dapat menambah kitab di dalam kitab suci yang kita miliki kan? Mari kita lihat apa kata para ahli:

1.      Gulungan ini ditemukan dan disalin di Palestina (Israel)
Kitab-kitab Deuterokanonika yang ada di Katolik namun tidak di Protestan disebabkan karena kitab itu dianggap tidak digunakan di Palestina. Orang Yahudi yang mengkanonkan Perjanjian Lama tidak menganggap teks itu suci apabila ditulis di luar Palestina (di pengasingan). Oleh karena itu, fakta bahwa gulungan ini disalin di Palestina menunjukkan bahwa teks ini pun digunakan oleh orang-orang Israel di Palestina.

2.       Gulungan ini ditulis dalam 3 bahasa
Ini menunjukkan bahwa banyak orang Israel jama dahulu memahami ketiga bahasa ini. Ini juga menunjukkan bahwa Yesus dan murid-muridnya pun kemungkinan besar berbahasa Yunani.

3.       Beberapa teks yang diketemukan memiliki usia lebih tua daripada teks yang sebelumnya ada
Fakta ini memberikan gambaran tentang bagaimana perkembangan teks kitab suci jaman dahulu.

4.       Banyak dari teks non biblikal memberikan gambaran tentang kehidupan beragama pada periode terakhir Bait Allah yang kedua.
Beberapa gulungan menyebutkan adanya berbagai sekte Yudaisme seperti Farisi, Saduki, Eseni. Pada gulungan Aturan Masyarakat dan Dokumen Damaskus, memberikan gambaran lengkap bagaimana doktrin dan ajaran kaum Eseni, misalnya harapan mereka akan 2 Mesias yaitu Harun dan Daud. Juga bagaimana kaum Eseni menginterpretasikan Taurat dengan cara yang berbeda dengan kaum Farisi.

5.       Persamaan teks di Gulungan dengan kata-kata Yesus di dalam Kitab Suci.
Karena teks Gulungan lebih tua, maka kita dapat lebih memahami arti dan konteks kata-kata Yesus di dalam Kitab Suci. Teks Nubuat Mesianik misalnya mendeskripsikan karya dan mujizat yang akan mengiringi kedatangan Mesias. Teks ini sangat dekat dengan perbuatan dan kata-kata Yesus. Dari situ kita dapat memahami bagaimana murid-murid Yesus segera dapat menangkap ke-mesias-an Yesus. 


No comments:

Post a Comment

Tags