Latest News

Sunday, October 23, 2016

Gulungan Laut Mati: Spekulasi yang Beredar (Tulisan Ketiga)

Ada banyak teori yang beredar mengenai Gulungan Laut Mati ini. Mungkin beberapa teori ini takkan pernah dapat terbukti, akan tetapi menarik bila kita tahu tentangnya. Ini adalah beberapa teori yang beredar luas:



      Siapa penulis naskah-naskah ini?
a.       Ada teori Qumran�Eseni menyatakan bahwa naskah-naskah tersebut ditulis oleh kaum Eseni, atau oleh kelompok sektarian Yahudi lainnya, yang menetap di Khirbet Qumran. Mereka menyusun naskah-naskah ini dan kemudian menyembunyikannya dalam gua-gua di dekat kediaman mereka selama Pemberontakan Yahudi, pada suatu waktu antara tahun 66 dan 68 M. Situs Qumran itu kemudian dihancurkan dan naskah-naskah tersebut tidak pernah ditemukan. Ini adalah teori yang paling diterima.
b.      Sementara ada teori Qumran�Sektarian, walaupun setuju bahwa penulisnya adalah sekelompok kaum Yahudi, namun belum tentu kelompok itu adalah Eseni.
c.       Lalu ada pula teori yang mengatakan  bahwa naskah itu buatan kaum Yahudi yang tinggal di Yerusalem. Tapi teori ini sudah hampir ditolak oleh hampir semua ilmuwan.
d.      Ada pula variasi teori terahir ini yang mengatakan bahwa komunitas kaum Yahudi itu dipimpin oleh sekelompok imam Zadokit (Saduki).

Adakah hal mengejutkan dari kumpulan naskah tersebut?
Ya ada. Di dalam Gulungan Tembaga disebutkan bahwa ada 64 tempat persembunyian harta di seluruh tanah Israel. Harta tersebut termasuk sejumlah emas, perak, aromatik dan manuskrip. Semua itu dipercaya adalah harta Bait Allah yang disembunyikan waktu pembuangan Israel.

No comments:

Post a Comment

Tags