Latest News

Wednesday, June 27, 2018

Menatap Tuhan Lewat Orang Lain

Ada orang pernah memberikan pernyataan ini: �Kita bisa belajar tentang Tuhan di mana saja termasuk dari media online seperti youtube dan website-website yang sudah sangat banyak dan rasanya sudah lengkap.� Pernyataan itu benar ketika kita ingin mendalami bagaimana kemahakuasaan Tuhan di dalam alam semesta. Kita bisa belajar tentang alam semesta yang sangat luas, kedalaman dan kekayaan laut yang belum sepenuhnya terselami, dan hal-hal lain yang sifatnya masih menunggu penjelajahan indera kita.

Namun, pernyataan itu benar-benar salah ketika kita ingin mengetahui bagaimana Tuhan bekerja di dalam dan melalui manusia. Kita mengenali Tuhan yang bekerja di dalam manusia hanya melalui kontak langsung dengan manusia itu. Ada orang yang membuat video tentang Tuhan secara luar biasa, namun di dalam kehidupan pribadinya ia sangat kasar terhadap orang lain. Ada orang yang sederhana saja hidupnya, namun cintanya pada orang lain begitu luar biasa. Pada orang-orang yang disebutkan terakhir itulah kita sungguh melihat Tuhan yang bekerja, bukan hanya Tuhan yang mahakuasa.

Dalam bacaan pertama kita melihat Tuhan bekerja di dalam hati Raja Yosia yang ketika menemukan kitab Tuhan, ia langsung memerintahkan bangsanya untuk mematuhi Tuhan. Kenapa rakyatnya langsung melakukan perintahnya itu? Salah satunya karena rakyatnya melihat langsung apa yang dilakukan oleh sang raja: membacakan kitab dan berdiri di dekat tiang, sehingga kita bisa menggambarkannya berdiri di tengah-tengah rakyatnya. Pertemuan-pertemuan personal seperti ini menggetarkan hati: dahulu maupun sekarang. Mari kita, sesama umat Tuhan, berkumpul dan saling menguatkan, karena melalui satu sama lain, kita bertemu dengan Tuhan yang kita imani.

----------------
Bacaan Liturgi 27 Juni 2018
Hari Biasa, Pekan Biasa XII
PF S. Sirilus dari Aleksandaria, Uskup dan Pujangga Gereja
Bacaan Pertama: 2Raj 22:8-13;23:1-3
Bacaan Injil: Mat 7:15-20


No comments:

Post a Comment

Tags