Latest News

Tuesday, January 9, 2018

Dengarkah Kamu? Kamu Dipanggil...

Kita melihat pada hari ini tema mengenai panggilan. Bacaan pertama bercerita tentang panggilan Allah kepada Samuel yang tidak mengenal Allah walaupun tinggal di dalam Bait Allah. Mari kita merefleksikan hal ini dengan melihat di sekitar kita. Apakah anak-anak kita yang setiap minggu dibawa ke gereja untuk misa atau belajar di sana sungguh mengenal Allah? Jangan-jangan mereka seperti Samuel yang tidak pernah mendengar Sabda Allah. Apakah kita sebagai orang tua atau wali atau guru anak-anak itu bisa mengenal panggilan Allah kepada anak-anak kita itu seperti Eli? Apakah kita mendorong anak-anak kita untuk menjawab panggilan Allah sehingga Sabda Allah tidak ada yang gugur? Panggilan dalam bacaan pertama ini mengingatkan kita kepada panggilan awal kita. Benih-benih panggilan yang tumbuh di dalam hati kita dan anak-anak kita untuk melayani Tuhan dalam baitNya, sebagai imam dan nabiNya, dan kini sebagai klerus (imam) dan hidup bakti (biarawan dan biarawati). Mampukah kita menjawab panggilan ini dengan: �Bersabdalah, ya Tuhan, hamba-Mu mendengarkan."

Panggilan di bacaan kedua adalah suatu panggilan yang dewasa, panggilan yang menuntut suatu kedisiplinan diri untuk terus maju di dalam pelayanan kita. Tuhan Yesus telah menyembuhkan banyak orang dan dipuja di tempat itu. Akan tetapi di dalam situasi itu, Ia menemukan tujuan hidupNya kembali dalam doa yang hening di pagi hari, dan menemukan kekuatan untuk terus berjalan dalam panggilanNya yaitu �memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang." Demikian pula kita dipanggil untuk terus memberitakan Injil, karena untuk itu kita sejak mula diperdengarkan Sabda Allah dan diberikan makanan rohani (Ekaristi).

Mampukah kita masing-masing menjawab panggilan-panggilan kita, baik panggilan secara umum untuk memberitakan Injil dalam situasi kita masing-masing, maupun panggilan khusus yaitu untuk menjadi imam dan biarawan/ti ataupun mendorong anak-anak kita menjawab panggilan-panggilan khusus tersebut? Semoga kita selalu terbuka terhadap panggilan Tuhan seperti Yesus dan Samuel.
-------------------
Bacaan Liturgi 10 Januari 2018
Hari Biasa, Pekan Biasa I
Bacaan Pertama: 1Sam 3:1-10.19-20

Bacaan Injil: Mrk 1:29-39

No comments:

Post a Comment

Tags